حَدَّثَنَابِشْرُ بْنُ الْحَكَمِ حَدَّثَنَاعَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَأَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُسَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِاللَّهِ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْصَاحِبِ إِبِلٍ لَا يَفْعَلُفِيهَا حَقَّهَا إِلَّا جَاءَ يَوْمَالْقِيَامَةِ أَكْثَرُ مَا كَانَتْ قَطُّوَأُقْعِدَ لَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍتَسْتَنُّ عَلَيْهِ بِقَوَائِمِهَا وَأَخْفَافِهَا وَلَا صَاحِبِ بَقَرٍلَا يَفْعَلُ فِيهَا حَقَّهَا إِلَّاجَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُمَا كَانَتْ قَطُّ وَأُقْعِدَلَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍ تَنْطَحُهُبِقُرُونِهَا وَتَطَؤُهُ بِقَوَائِمِهَا وَلَا صَاحِبِ غَنَمٍلَا يَفْعَلُ فِيهَا حَقَّهَا إِلَّاجَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُمَا كَانَتْ وَأُقْعِدَ لَهَابِقَاعٍ قَرْقَرٍ تَنْطَحُهُ بِقُرُونِهَا وَتَطَؤُهُ بِأَظْلَافِهَا لَيْسَ فِيهَا جَمَّاءُوَلَا مَكْسُورَةٌ قَرْنُهَا وَلَا صَاحِبِ كَنْزٍلَا يَفْعَلُ فِيهِ حَقَّهُ إِلَّاجَاءَ كَنْزُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًاأَقْرَعَ يَتْبَعُهُ فَاتِحًا فَاهُ فَإِذَا أَتَاهُفَرَّ مِنْهُ فَيُنَادِيهِ خُذْكَنْزَكَ الَّذِي خَبَّأْتَهُ قَالَفَأَنَا عَنْهُ غَنِيٌّ فَإِذَارَأَى أَنَّهُ لَا بُدَّمِنْهُ سَلَكَ يَدَهُ فِيفَمِهِ فَيَقْضِمُهَا قَضْمَ الْفَحْلِ قَالَأَبُو الزُّبَيْرِ سَمِعْتُ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ يَقُولُهَذَا الْقَوْلَ ثُمَّ سَأَلْنَا جَابِرَبْنَ عَبْدِ اللَّهِ فَقَالَمِثْلَ قَوْلِ عُبَيْدِ بْنِعُمَيْرٍ قَالَ وَقَالَ أَبُوالزُّبَيْرِ سَمِعْتُ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ يَقُولُقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَاللَّهِ مَا حَقُّ الْإِبِلِقَالَ حَلَبُهَا عَلَى الْمَاءِ وَإِعَارَةُدَلْوِهَا وَإِعَارَةُ فَحْلِهَا وَمَنْحُهَا وَحَمْلٌ عَلَيْهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِأَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ الرَّبِيعِ حَدَّثَنَاأَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْالْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ عَنْأَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَبِبَعْضِ هَذَا الْحَدِيثِ
Telah
menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Hakam telah menceritakan kepada
kami Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij ia berkata,
telah mengabarkan kepadaku Abu Az Zubair bahwa ia mendengar Jabir bin
Abdullah berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Tidaklah pemilik unta yang tidak melakukan haknya
melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada
dahulunya dan orang tersebut didudukkan di hadapannya pada tanah terbuka
yang datar, hewan-hewan tersebut menyepak pemiliknya dengan kaki dan
sepatunya. Dan tidaklah pemilik sapi yang tidak melakukan haknya kecuali
melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada
dahulunya dan pemiliknya didudukkan di hadapannya pada tanah terbuka
yang datar, hewan tersebut menanduknya dengan tanduknya dan menginjaknya
dengan kaki-kakinya. Dan tidaklah pemilik kambing yang tidak melakukan
haknya melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada
dahulunya dan pemiliknya di dudukkan di hadapannya pada tanah terbuka
yang datar, hewan tersebut menanduknya dengan tanduknya dan menginjaknya
dengan sepatu-sepatunya. Pada hari Kiamat tidak ada kambing yang tidak
bertanduk dan tidak ada yang bertanduk patah. Dan tidaklah orang yang
memiliki barang timbunan yang tidak melakukan haknya melainkan barang
timbunannya akan datang pada hari Kiamat sebagai ular botak yang
mengikutinya dengan membuka mulutnya. Apabila ular tersebut datang
kepadanya, maka ia akan lari darinya, kemudian ular tersebut berseru
kepadany, 'Ambillah barang timbunanmu yang telah engkau sembunyikan.'
Pemiliknya berkata, 'Aku tidak butuh kepadanya.' Kemudian apabila ia
melihat bahwa ia harus mengambilnya, maka ia memasukkan tangannya ke
dalam mulutnya, kemudian ular tersebut mematahkannya dengan giginya
sebagaimana pejantan menggigit menggunakan giginya." Abu Az Zubair
berkata, "Saya mendengar 'Ubaid bin 'Umair mengatakan perkataan ini,
maka kami pun bertanya kepada Jabir bin Abdullah, dan ia juga mengatakan
sebagaimana perkataan 'Ubaid bin 'Umair." Ibnu Juraij berkata, " Abu Az
Zubair berkata, "Saya mendengar 'Ubaid bin 'Umair berkata, "Seorang
laki-laki berkata, "Wahai Rasulullah, apakah hak unta?" Beliau menjawab:
"Memerahnya setelah memberi minum, meminjamkan embernya, meminjamkan
pejantannya, meminjamkan (untuk diambil manfaatnya) dan memberinya
muatan di jalan Allah." Telah mengabarkan kepada kami Al Hasan bin Ar
Rabi' telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash dari Al A'masy dari
Al Ma'rur bin Suwaid dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam dengan sebagian hadits ini."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar